Berbagi Informasi Lowongan Kerja di Aceh secara khusus dan informasi lowongan kerja lainnya di Indonesia secara umum

June 13, 2011

Beasiswa S2 Kementerian Pemuda dan Olahraga - Universitas Indonesia


PROGRAM PASCASARJANA
PROGRAM STUDI KAJIAN KETAHANAN NASIONAL PEMINATAN KAJIAN PENGEMBANGAN KEPEMIMPINAN KEMENTERIAN PEMUDA DAN OLAHRAGA – UNIVERSITAS INDONESIA TAHUN 2011
A. Latar Belakang
Kepemimpinan sebagai unsur utama dalam keorganisasian dapat dikembangkan secara akademik agar dapat memberikan konstribusi bagi pengembangan kepemimpinan, khususnya kepemimpinan pemuda yang akan berperan aktif dalam kepemimpinan nasional dan pembangunan bangsa.
Dalam kepemimpinan banyak faktor yang terkait dan saling menunjang bagi keberhasilan seseorang dalam kapasitasnya sebagai seorang pemimpin, maka diperlukan adanya pembelajaran yang sistematis dan terencana untuk mencetak seorang pemimpin yang handal dan berkualitas.
Pemuda sebagai calon pemimpin bangsa diharapkan memiliki pengetahuan, keterampilan, kecakapan, dan sikap yang terkait dengan kepemimpinan, yang akan diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara melalui aktivitasnya dalam organisasi kepemudaan maupun lingkungan masyarakat, baik di tingkat daerah, nasional bahkan internasional.
Atas dasar pemikiran tersebut Kementerian Pemuda dan Olahraga dengan Universitas Indonesia, menyelenggarakan Pendidikan Program Pascasarjana pada Program Studi Kajian Ketahanan Nasional dengan Peminatan Kajian Pengembangan Kepemimpinan, bagi pemuda yang berasal dari propinsi berikut ini:
1. Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam

2. Propinsi Sumatera Utara
3. Propinsi Sumatera Barat
4. Propinsi Sumatera Selatan
5. Propinsi Kepulauan Riau
6. Propinsi Bangka Belitung
7. Propinsi Jambi
8. Propinsi Bengkulu
9. Propinsi Riau
10. Propinsi Lampung
11. Propinsi Banten
12. Propinsi DKI Jakarta
13. Propinsi Jawa Barat
14. Propinsi Kalimantan Barat
15. Provinsi Jawa Tengah
16. Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
17. Provinsi Jawa Timur


Nama Program Studi: Kajian Ketahanan Nasional
Peminatan: Kajian Pengembangan Kepemimpinan
Jenjang
: Magister (S2)
Gelar
: M.Si
Prasyarat
: Sarjana (S1) dari berbagai disiplin ilmu

Tujuan
1. Menghasilkan lulusan magister yang telah memiliki kemampuan akademik dalam pengembangan kapasitas kepemudaan di Indonesia
2. Menghasilkan lulusan yang mampu menguasai kemampuan dasar yang diperlukan untuk mengadopsi dan menciptakan teori, paradigma maupun metodologi baru dalam manajemen sumber daya kepemudaan.
3. Menghasilkan lulusan yang memiliki perilaku dan keterampilan analisis untuk memecahkan berbagai persoalan bangsa melalui upaya penyadaran, pemberdayaan dan pengembangan sumber daya kepemudaan dengan pendekatan antar bidang (interdisiplin).
4. Menghasilkan lulusan yang mampu berpikir kritis, kreatif dan inovatif sebagai kualitas tenaga kepemudaan di Indonesia.
5. Menghasilkan lulusan yang memiliki kapasitas kinerja dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai pelopor dan agen perubahan dalam pembangunan bangsa.
Kompetensi Utama
Menghasilkan Magister Ketahanan Nasional bidang non military yang memiliki keahlian dalam pengembangan dan mengaplikasikan kepemimpinan dalam berbagai unsur kelompok maupun organisasi dalam masyarakat sebagai unsur utama ketahanan bangsa/masyarakat
Kompetensi Pendukung
1. Memiliki kemampuan profesional untuk menganalisa secara kritis dan memberikan solusi yang tepat dalam mengatasi berbagai persoalan bangsa;
2. Memiliki keilmuan dan kemampuan yang diaplikasikan dengan mempertimbangkan etika dan moral;
3. Menguasai pendekatan, metode dan teknis penelitian yang dapat diterapkan dalam penyelesaian persoalan bangsa;
4. Memiliki wawasan dan konsep untuk dapat diaplikasikan dalam perencanaan, pelaksanaan, pengambilan keputusan dan pengawasan dalam pembangunan kepemudaan.
Beban Studi: 42 SKS
Masa Studi: 4 Semester
Tempat Kuliah
: Kampus UI Salemba

B. Sasaran Peserta

Sasaran peserta setiap angkatan berjumlah 30 orang pemuda aktivis dalam organisasi kepemudaan dan organisasi masyarakat berbasis pemuda serta aparatur pemerintah yang menangani kepemudaan.
Kriteria Peserta dari Instansi Pemerintah (Pusat dan Daerah) :
1. Pendidikan terakhir Sarjana (S1) semua jurusan/program studi.
2. Usia maksimal 40 tahun.
3. Pembantu Pimpinan/Staf dengan Golongan minimal III/a.
4. Tidak sedang terikat dalam Program Beasiswa lain di Perguruan Tinggi Negeri ataupun Perguruan Tinggi Swasta di dalam negeri maupun di luar negeri.
5. Mendapat izin dari Pimpinan/Atasan Langsung.
Kriteria Peserta dari Organisasi Kepemudaan/Lembaga Masyarakat Berbasis Pemuda :
1. Pendidikan terakhir Sarjana (S1) semua jurusan/program studi.
2. Usia maksimal 40 tahun.
3. Anggota atau Pengurus Aktif Organisasi/Lembaga Kepemudaan tingkat Nasional atau Daerah.
4. Tidak sedang terikat dalam Program Beasiswa lain di Perguruan Tinggi Negeri ataupun Perguruan Tinggi Swasta di dalam negeri maupun di luar negeri.
5. Mendapat rekomendasi/izin dari pimpinan organisasi.
6. Bersedia mengembangkan program kepemimpinan di organisasinya dan di daerah.
C. Waktu Pelaksanaan:
Pendidikan dilaksanakan mulai bulan September 2011, selama 4 semester di Program Pascasarjana Universitas Indonesia Kampus UI Salemba Jakarta Pusat dalam Peminatan Kajian Pengembangan Kepemimpinan.
Waktu pendaftaran dan seleksi :
  • Periode pendaftaran secara online (mengisi formulir pendaftaran): 3 – 24 Juni 2011
  • Ujian saringan masuk: 3 Juli 2011
  • Pengumuman hasil seleksi masuk: 24 Juli 2011
  • Mulai Kuliah: September 2011
D. Prosedur Pendaftaran secara Online :
1. Pendaftar membuat account di situs penerimaan UI. http://penerimaan.ui.ac.id
2. Setelah login, pendaftar dapat mengisi formulir pendaftaran secara online dan mendapatkan nomor pendaftaran. Nama peserta diisikan tanpa gelar akademik atau sebutan profesi.
3. Selanjutnya peserta meng-upload file foto berwarna terbaru berukuran 4×6 cm.
4. Melunasi biaya pendaftaran sebesar Rp 500.000,- (lima ratus ribu rupiah) melalui ATM atau Teller menggunakan nomor pendaftaran yang diperoleh sebelumnya.
Pembayaran dapat dilakukan melalui:
  • ATM / Teller Bank BNI
  • ATM atau Internet Banking Bank Permata
  • ATM, Self service terminal, dan teller Bank Niaga
  • ATM Bank Bukopin
  • Teller Bank BTN
  • ATM Bank Mandiri
5. Setelah itu, pendaftar akan mendapatkan nomor ujian dan kartu peserta ujian yang dapat dicetak berwarna secara mandiri untuk digunakan pada waktu pelaksanaan ujian saringan. 6. Meng-upload hasil scan dokumen persyaratan yang diperlukan secara online dalam format PDF pada periode yang ditentukan pada jadwal kegiatan 7. Mengikuti ujian saringan yang diadakan oleh Universitas Indonesia sesuai jadwal dan materi yang telah ditetapkan dengan membawa kartu peserta ujian yang telah dicetak secara online dan identitas diri yang digunakan ketika melaksanakan pendaftaran secara online. (Catatan : Pendaftar memasukan nomor identitas diri ketika melakukan pendaftaran secara online). 8. Pengumuman peserta yang diterima akan diumumkan sesuai tanggal yang telah ditetapkan pada jadwal kegiatan. Peserta dapat melihat hasil pengumuman setelah login dengan account yang telah dibuat.
E. Berkas Yang Harus Dikirimkan via POS tercatat:
Selain melakukan pendaftaran secara online, calon peserta diwajibkan mengirimkan berkas-berkas tambahan sebagai berikut:
1. Fotocopy ijazah sarjana dan transkrip nilai masing-masing sebanyak 2 lembar, yang telah dilegalisir oleh pihak perguruan tinggi asal. (untuk Perguruan Tinggi Luar Negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Kementerian Pendidikan Nasional).
2. Fotocopy KTP lokasi tempat tinggal tetap yang masih berlaku sebanyak 2 lembar.
3. Fotocopy SK jabatan/tugas dalam instansi atau organisasi kepemudaan sebanyak 2 lembar.
4. Menyerahkan pasfoto berwarna terbaru ukuran 3×4 sebanyak 4 lembar dan ukuran 4×6 sebanyak 4 lembar.
5. Menyerahkan surat pernyataan tidak sedang terikat dengan bantuan (beasiswa) pendidikan lainya, yang ditandatangani di atas materai bernilai Rp. 6.000.
6. Menyerahkan surat izin atau rekomendasi dari organisasi/lembaga/instansi untuk mengikuti pendidikan.
7. Kartu ujian masuk UI (yang diunduh dari website http://penerimaan.ui.ac.id, dicetak secara berwarna dan mandiri).
Berkas tersebut dikirimkan melalui Pos Kilat Khusus di tujukan kepada :
Ketua Program Pascasarjana UI
Gedung Program Pascasarjana UI Lantai 2
Jl. Salemba Raya No. 4
Jakarta 10430

F. Fasilitas
Peserta mendapatkan Bantuan Pendidikan selama 4 semester. Selama pendidikan berlangsung, Kementerian Pemuda dan Olahraga tidak menyediakan akomodasi/asrama dan tidak menanggung biaya hidup sehari-hari dan transport perjalanan dari dan ke daerah masing-masing.
G. Sifat Kegiatan
Merupakan kerjasama Kementerian Pemuda dan Olahraga yang diwakili oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemuda dengan Program Pascasarjana Universitas Indonesia dengan Peminatan Kajian Pengembangan Kepemimpinan.
H. Lain-lain
Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh calon peserta :
1. Apabila peserta belum dapat menyelesaikan kuliah tepat pada waktunya (4 semester), maka seluruh beban biaya tambahan ditanggung oleh peserta sendiri.
2. Apabila peserta tidak menamatkan, berhenti/keluar saat pendidikan masih berlangsung atau gagal memenuhi standar nilai yang ditetapkan (drop out), maka peserta wajib mengembalikan seluruh biaya pendidikan selama 4 semester kepada negara via Kementerian Pemuda dan Olahraga berdasarkan perjanjian yang mengikat mahasiswa setelah dinyatakan lulus ujian saringan masuk.
3. Lembaga/organisasi/instansi yang telah memberikan rekomendasi kepada peserta yang tidak menamatkan pendidikan, berhenti/keluar di saat perkuliahan masih berlangsung, atau peserta yang gagal memenuhi standar nilai yang ditetapkan (drop out), tidak diberikan kesempatan kembali untuk program ini pada tahun berikutnya.

Sumber : acehscholarships

Share:

0 comments:

Post a Comment

loading...

Berlangganan Loker Terbaru

Subscribe via Email for Free
Dapatkan Lowongan Kerja Terbaru langsung ke email anda!

Popular Posts

Recent Posts

Blog Archive

-->

Copyright © Informasi Lowongan Kerja di Aceh | Powered by Blogger

Design by ThemePacific | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com