Berbagi Informasi Lowongan Kerja di Aceh secara khusus dan informasi lowongan kerja lainnya di Indonesia secara umum

February 10, 2013

7 Tips Cepat Dapat Kerja untuk Fresh Graduate

http://infokerjaaceh.blogspot.com
Image: Freshgraduate.co.uk
Setelah selesai merampungkan studi di pendidikan tinggi, gerbang dunia kerja telah siap menanti. Namun, untuk menapaki dunia baru tersebut, sebagian lulusan tentu merasa bingung mempersiapkan diri. Apalagi, mengingat tingginya persaingan di dunia kerja.
Sebagai newbies, para fresh graduate harus mengetahui sejumlah tips jitu dapat dilirik perusahaan. Berikut tujuh tips dari para ahli bagi para lulusan perguruan tinggi untuk berhasil mencari pekerjaan, seperti dikutip dari Careerealism, Minggu (10/2/2013).
 
Tunjukkan keterampilan Anda
Tuliskan daftar kemampuan kepemimpinan Anda pada sebuah organisasi maupun aktivitas lain yang menunjukan keterampilan praktis Anda. Selain itu, magang pun menjadi media bagi Anda mengasah keterampilan, menambah pengalaman profesional, serta membantu membangun jaringan.
 
Buatlah spesifikasi pekerjaan Anda
Sebagai lulusan perguruan tinggi, maka sangat penting jika Curriculum Vitae (CV) mencakup sebagian besar pengalaman Anda. Kemas CV Anda dengan memasukan kata kunci, akan lebih baik merinci semua prestasi yang telah Anda raih hingga saat ini, maupun menyertakan tugas-tugas atau proyek pendukung keterampilan Anda. Selama bidang pekerjaan yang dituju relevan dengan jurusan yang Anda tekuni saat kuliah, maka akan semakin besar peluang Anda diterima. Sebab, pihak perusahaan menilai Anda telah lama bergelut dengan bidang pekerjaan sehingga memberikan lebih banyak pengalaman yang relevan.
 
Modifikasi pencarian pekerjaan Anda
Jangan terbatas mengajukan lamaran kerja pada beberapa perusahaan tertentu. Modifikasi pencarian kerja Anda dengan bekerja di lembaga kepegawaian, mengajukan diri sebagai karyawan magang, maupun relawan. Ini berguna untuk menambah pengalaman kerja yang Anda butuhkan. Saat ini, perusahaan memilih mempekerjakan calon karyawan yang memiliki etos kerja, dan telah mengembangkan keterampilan untuk bidang pekerjaan tersebut.
 
Melihat bidang yang berbeda
Mulai merasa putus asa karena terlalu lama menganggur setelah lulus kuliah? Pernahkah Anda mencoba melihat bidang pekerjaan baru yang belum terpikirkan sebelumnya? Sebab, banyak orang menemukan passion yang sesungguhnya dan berhasil sukses di bidang pekerjaan yang tidak pernah kita diduga sebelumnya.
 
Magang tanpa dibayar
Tidak dibayar bukan berarti pengalaman kerja yang tidak valid. Anda juga bisa menawarkan diri untuk bekerja tanpa dibayar pada wirausawan, pebisnis kecil, atau bahkan menjadi relawan ketika terdapat even yang tentunya sesuai dengan jurusan selama kuliah. Jangan menganggap remeh pekerjaan tanpa dibayar, sebab ini memberikan banyak manfaat. Melalui pengalaman ini Anda dapat membuktikan diri kepada calon perusahaan impian mengenai kemampuan Anda, memperluas jaringan, serta menambah jumlah pengalaman kerja Anda.
 
Jangan berhenti belajar
Lulus kuliah bukan berarti Anda berhenti belajar. Selama menunggu panggilan kerja, perkaya diri Anda dengan membaca, membuka majalah maupun blog industri yang relevan dengan bidang Anda, serta menggali kemampuan Anda sesuai perkembangan zaman.
 
Jangan putus asa
Jangan menyerah, dan putus asa ketika panggilan kerja tak kunjung datang. Tetaplah optimis dengan terus melebarkan jaringan maupun melakukan kerja magang untuk memperkaya pengalaman.
 
Sumber: Okezone.com
Share:
Location: Indonesia

0 comments:

Post a Comment

loading...

Berlangganan Loker Terbaru

Subscribe via Email for Free
Dapatkan Lowongan Kerja Terbaru langsung ke email anda!

Popular Posts

Recent Posts

Blog Archive

-->

Copyright © Informasi Lowongan Kerja di Aceh | Powered by Blogger

Design by ThemePacific | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com