Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 221 Tahun 2012 tanggal 31 Juli 2012 tentang Perubahan Lampiran I dan Lampiran II Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 167 Tahun 2012 tentang Formasi Pegawai Negeri Sipil Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2012 serta Surat Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan nomor 72659/A4.1/KP/2012 tanggal 9 Agustus 2012 tentang Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 221 tahun 2012, bahwa Universitas Sebelas Maret akan menerima Dosen sejumlah 35 (tiga puluh lima) orang dengan rincian sebagai berikut:
A. FORMASI
B. PERSYARATAN UMUM:
1. Warga Negara Republik Indonesia;
2. Berusia 18 (delapan belas) tahun dan maksimal 35 (tiga puluh lima) tahun pada tanggal 1 Desember 2012;
3. Bagi pelamar yang berusia lebih dari 35 tahun dan belum berusia 40 tahun pada tanggal 1 Desember 2012 harus memiliki masa kerja minimal 5 (lima) tahun pada 17 April 2002 pada instansi pemerintah dan/atau lembaga swasta yang berbadan hukum yang menunjang kepentingan nasional dan sampai saat ini masih bekerja secara terus menerus, yang dibuktikan dengan fotokopi surat keputusan pengangkatan pertama dan surat keterangan bahwa sampai saat ini masih bertugas (minimal 15 tahun 8 bulan per 1 Desember 2012)
4. Sehat jasmani, rohani dan bebas NARKOBA;
5. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap;
6. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
7. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan tidak sedang menjalani perjanjian/kontrak kerja/ikatan dinas pada instansi lain.
8. Ijazah yang dimiliki antara jenjang S1, S2 dan/atau S3 harus linier.
Persyaratan umum tersebut B 1 s.d. 8 wajib dipenuhi oleh pelamar yang dinyatakan lulus ujian seleksi CPNS.
Apabila pelamar yang dinyatakan lulus ujian seleksi CPNS tidak dapat memenuhi persyaratan umum dan/atau persyaratan lain yang ditetapkan, maka hak untuk diusulkan sebagai CPNS bagi pelamar ybs. secara otomatis batal.
C. PENDAFTARAN:
Pendaftaran peserta dilakukan secara online pada alamat https://cpns.kemdikbud.go.id melalui tahapan sebagai berikut:
1. Pelamar wajib memiliki alamat email yang aktif untuk mengikuti proses rekruitmen CPNS Kemdikbud
2. Melakukan registrasi untuk mendapatkan username dan password mulai tanggal 15 s/d. 27 Agustus 2012 dengan langkah sebagai berikut :
a. Pilih menu registrasi;
b. Lengkapi kolom isian, selanjutnya pelamar akan mendapatkan konfirmasi melalui alamat email pelamar yang dicantumkan;
c. Periksa kotak email termasuk spambox dan konfirmasikan pendaftaran Anda melalui tautan yang terdapat di dalam email tersebut. Apabila dalam waktu lebih dari 24 jam Anda belum mendapat konfirmasi, silahkan lakukan registrasi ulang dan pastikan alamat email yang Anda berikan benar;
d. Selanjutnya, pelamar dapat login menggunakan username dan password yang telah didaftarkan ke dalam aplikasi cpns online di alamat https://cpns.kemdikbud.go.id untuk mengisi formulir pendaftaran online dan mendapatkan nomor pendaftaran;
e. Tahap terakhir pada proses ini pelamar harus mencetak lembar formulir pendaftaran online untuk ditandatangani dan dikirimkan ke Panitia Pendaftaran CPNS Kemdikbud beserta persyaratan lainnya.
3. Mengirimkan berkas lamaran ke PO BOX 193 Solo 57100 mulai tanggal 16 s/d. 27 Agustus 2012 (stempel pos).
a. Setiap pelamar harus mengajukan Surat Lamaran dalam Bahasa Indonesia yang ditulis dengan huruf latin dan tulisan tangan sendiri dengan tinta hitam (bukan ballpoint), ditandatangani oleh pelamar (tanpa meterai) dengan menyebutkan nama jabatan dan kualifikasi akademik yang dilamar, ditujukan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Rektor Universitas Sebelas Maret dengan melampirkan :
1) Hasil cetakan (printout) formulir pendaftaran online yang telah ditandatangani;
2) Fotokopi KTP yang masih berlaku;
3) Fotokopi Ijazah yang terakreditasi dan telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang (surat keterangan tidak berlaku);
4) Bagi pelamar yang memiliki ijazah lulusan perguruan tinggi luar negeri harus melampirkan surat keputusan penetapan dan penyetaraan hasil penilaian ijazah dari Ditjen Dikti Kemdikbud;
5) Surat Pernyataan tidak sedang terikat kontrak dengan instansi/perguruan tinggi lain, apabila ternyata pada waktu melamar dengan sengaja memberikan keterangan atau bukti yang tidak benar, maka yang bersangkutan diberhentikan tidak dengan hormat (surat pernyataan ditandatangani oleh ybs. diatas meterai Rp. 6.000);
6) Fotokopi sah Surat Keputusan tentang pengalaman kerja bagi yang mempunyai pengalaman kerja di bidang pendidikan (apabila ada).
7) Bagi pelamar yang berusia lebih dari 35 tahun dan belum berusia 40 tahun pada tanggal 1 Desember 2012 harus memiliki masa kerja minimal 5 (lima) tahun pada 17 April 2002 pada instansi pemerintah dan/atau lembaga swasta yang berbadan hukum yang menunjang kepentingan nasional dan sampai saat ini masih bekerja secara terus menerus, yang dibuktikan dengan fotokopi surat keputusan pengangkatan pertama dan surat keterangan bahwa sampai saat ini masih bertugas (minimal 15 tahun 8 bulan per 1 Desember 2012).
Bukti pengangkatan dalam bentuk surat keterangan, surat penugasan, dan surat pernyataan tidak dapat digunakan sebagai dasar pengangkatan CPNS;
b. Pengiriman berkas lamaran hanya dapat dilakukan melalui PO BOX (Pengiriman tanpa melalui Pos tidak akan dilayani)
c. Berkas lamaran dimasukkan dalam stop map warna merah.
d. Berkas lamaran disusun dengan urutan sebagai berikut:
1) Pasfoto berwarna ukuran 3x4 sebanyak 6 lembar.
2) Fotokopi KTP yang masih berlaku.
3) Printout asli bukti registrasi pendaftaran CPNS online yang telah ditandatangani oleh pelamar.
4) Surat lamaran yang ditulis dengan tinta hitam.
5) Fotokopi ijazah yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.
Untuk tingkat pendidikan S1 lulusan Universitas/Institut disahkan oleh Dekan/Pembantu Dekan I
Untuk tingkat pendidikan S1 lulusan Sekolah Tinggi disahkan oleh Ketua/Pembantu Ketua I
Untuk tingkat pendidikan Pascasarjana, disahkan oleh Direktur Program Pascasarjana
Bagi yang memiliki ijazah luar negeri harus telah diseterakan oleh Ditjen Dikti Kemdikbud
Surat keterangan lulus tidak dapat digunakan untuk melamar
6) Fotokopi ijazah keprofesian dan/atau spesialis yang disahkan (dilegalisir) oleh pejabat yang berwenang bagi pelamar yang memiliki kualifikasi pendidikan profesi dan/atau spesialis.
7) Bagi pelamar yang berusia lebih dari 35 tahun dan belum berusia 40 tahun pada tanggal 1 Desember 2012 harus memiliki masa kerja minimal 5 (lima) tahun pada 17 April 2002 pada instansi pemerintah dan/atau lembaga swasta yang berbadan hukum yang menunjang kepentingan nasional dan sampai saat ini masih bekerja secara terus menerus, yang dibuktikan dengan fotokopi surat keputusan pengangkatan pertama dan surat keterangan bahwa sampai saat ini masih bertugas (minimal 15 tahun 8 bulan per 1 Desember 2012).
8) Surat pernyataan tidak terikat kontrak dengan instansi/perguruan tinggi lain yang ditandatangani oleh pelamar diatas meterai Rp. 6.000
9) Fotokopi sah Surat Keputusan tentang pengalaman kerja bagi yang mempunyai pengalaman kerja di bidang pendidikan (apabila ada).
e. Stop map dimasukkan ke dalam amplop coklat tertutup, dengan mencantumkan nama pelamar, nama unit kerja yang dilamar, jabatan, nomor dan nama kualifikasi pendidikan yang dilamar, dan nomor pendaftaran pada sampul amplop depan kanan atas. Berkas ditujukan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan c.q. Rektor Universitas Sebelas Maret dengan mencantumkan alamat PO BOX paling lambat tanggal 27 Agustus 2012 stempel pos dan
sampai di PO BOX paling lambat 28 Agustus 2012
Berkas lamaran yang tidak memenuhi persyaratan sebagaimana uraian di atas, tidak lengkap, dan tidak urut sebagaimana pada huruf d dinyatakan gugur.
4. Mengunduh (download) dan Mencetak Kartu Peserta Ujian mulai tanggal 5 s/d. 7 September 2012
Bagi pelamar yang dinyatakan Lulus Seleksi Administrasi (diumumkan pada tanggal 1 September 2012 di www.uns.ac.id, http://kepeg.auk.uns.ac.id dan Papan Pengumuman UNS), dapat mencetak Kartu Peserta Ujian dengan langkah sebagai berikut :
a. Login dengan username dan password yang telah dimliki pada https://cpns.kemdikbud.go.id
b. Apabila Lulus Seleksi Administrasi, maka pada halaman login akan terlihat informasi kelulusan beserta tautan (link) untuk upload foto
c. Mengunggah (mengupload) foto dengan ukuran 400 x 500 pixel berbentuk potrait (tegak) dengan ukuran file maksimal 100 kb dengan format .jpg
d. Apabila proses upload foto berhasil, maka aka nada tautan (link) untuk mengunduh (download) kartu ujian dengan format .pdf untuk dicetak
D. PELAKSANAAN UJIAN SELEKSI :
1. UJIAN TAHAP I (Tes Kompetensi Dasar yang meliputi Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, dan Tes Karateristik Pribadi)
a. Jadwal
Hari / Tanggal : Sabtu / 8 September 2012 (atau waktu lain yang ditetapkan Kementerian PAN dan RB, dimohon untuk memantau di www.kemdikbud.go.id atau https://cpns.kemdikbud.go.id)
Waktu : Pukul 07.30 – selesai
Tempat : Gedung Auditorium Kantor Pusat Universitas Sebelas Maret
Kelengkapan : Kartu Peserta Ujian; Pensil 2B; Karet Penghapus; Alas untuk menulis; Rautan;
KTP (asli) yang masih berlaku yang digunakan saat registrasi pelamaran.
b. Materi Tes Kompetensi Dasar meliputi
1) Tes Wawasan Kebangsaan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan
mengimplementasikan nilai-nilai 4 pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi
a) Pancasila;
b) Undang-Undang Dasar 1945;
c) Bhinneka Tunggal Ika;
d) Negara Kesatuan Republik Indonesai (sistem tata negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar).
2) Tes Intelegensi Umum untuk menilai
a) Kemampuan Verbal;
b) Kemampuan Numerik;
c) Kemampuan Berfikir logis;
d) Kemampuan Berfikir Analistis.
3) Tes Karakteristik Pribadi untuk menilai
a) Integritas diri;
b) Semangat berprestasi;
c) Orientasi pada pelayanan;
d) Kemampuan beradaptasi;
e) Kemampuan pengendalian diri;
f) Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas;
g) Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan;
h) Kemampuan bekerjasama dalam kelompok;
i) Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain;
j) Orientasi kepada orang lain;
k) Kreativitas serta inovasi.
2. UJIAN TAHAP II (Tes Kompetensi Bidang yang diperuntukkan bagi pelamar yang dinyatakan lulus Ujian Tahap I)
a. Jadwal
Hari / Tanggal : Rabu – Kamis / 19 – 20 September 2012
(atau waktu lain yang ditetapkan Kementerian PAN dan RB, dimohon untuk memantau
di www.kemdikbud.go.id atau https://cpns.kemdikbud.go.id)
Waktu : Pukul 08.00 – selesai
Tempat : di Fakultas / Unit Kerja masing-masing
b. Materi Tes Kompetensi Bidang disesuaikan dengan karakteristik jabatan yang berupa
1). Tes tertulis Bahasa Inggris di UPT P2B;
2). Tes wawancara di Fakultas masing – masing;
3). Tes praktek (performance test) penguasaan materi (substansi ajar) di Fakultas masing – masing.
3. Sebelum ujian, dimohon melihat ruang/tempat duduk ujian masing-masing dan sudah hadir 15 menit sebelum ujian dimulai.
4. Pelamar yang datang terlambat tidak diperbolehkan memasuki ruang ujian dan atau mengikuti ujian.
5. Pengumuman Kelulusan Tahap I diumumkan pada tanggal 18 September 2012 dan Kelulusan Tahap II/ Final akan diumumkan pada tanggal 25 September 2012 di https://cpns.kemdikbud.go.id, www.uns.ac.id, http://kepeg.auk.uns.ac.id, dan Papan Pengumuman UNS.
A. FORMASI
B. PERSYARATAN UMUM:
1. Warga Negara Republik Indonesia;
2. Berusia 18 (delapan belas) tahun dan maksimal 35 (tiga puluh lima) tahun pada tanggal 1 Desember 2012;
3. Bagi pelamar yang berusia lebih dari 35 tahun dan belum berusia 40 tahun pada tanggal 1 Desember 2012 harus memiliki masa kerja minimal 5 (lima) tahun pada 17 April 2002 pada instansi pemerintah dan/atau lembaga swasta yang berbadan hukum yang menunjang kepentingan nasional dan sampai saat ini masih bekerja secara terus menerus, yang dibuktikan dengan fotokopi surat keputusan pengangkatan pertama dan surat keterangan bahwa sampai saat ini masih bertugas (minimal 15 tahun 8 bulan per 1 Desember 2012)
4. Sehat jasmani, rohani dan bebas NARKOBA;
5. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap;
6. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
7. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan tidak sedang menjalani perjanjian/kontrak kerja/ikatan dinas pada instansi lain.
8. Ijazah yang dimiliki antara jenjang S1, S2 dan/atau S3 harus linier.
Persyaratan umum tersebut B 1 s.d. 8 wajib dipenuhi oleh pelamar yang dinyatakan lulus ujian seleksi CPNS.
Apabila pelamar yang dinyatakan lulus ujian seleksi CPNS tidak dapat memenuhi persyaratan umum dan/atau persyaratan lain yang ditetapkan, maka hak untuk diusulkan sebagai CPNS bagi pelamar ybs. secara otomatis batal.
C. PENDAFTARAN:
Pendaftaran peserta dilakukan secara online pada alamat https://cpns.kemdikbud.go.id melalui tahapan sebagai berikut:
1. Pelamar wajib memiliki alamat email yang aktif untuk mengikuti proses rekruitmen CPNS Kemdikbud
2. Melakukan registrasi untuk mendapatkan username dan password mulai tanggal 15 s/d. 27 Agustus 2012 dengan langkah sebagai berikut :
a. Pilih menu registrasi;
b. Lengkapi kolom isian, selanjutnya pelamar akan mendapatkan konfirmasi melalui alamat email pelamar yang dicantumkan;
c. Periksa kotak email termasuk spambox dan konfirmasikan pendaftaran Anda melalui tautan yang terdapat di dalam email tersebut. Apabila dalam waktu lebih dari 24 jam Anda belum mendapat konfirmasi, silahkan lakukan registrasi ulang dan pastikan alamat email yang Anda berikan benar;
d. Selanjutnya, pelamar dapat login menggunakan username dan password yang telah didaftarkan ke dalam aplikasi cpns online di alamat https://cpns.kemdikbud.go.id untuk mengisi formulir pendaftaran online dan mendapatkan nomor pendaftaran;
e. Tahap terakhir pada proses ini pelamar harus mencetak lembar formulir pendaftaran online untuk ditandatangani dan dikirimkan ke Panitia Pendaftaran CPNS Kemdikbud beserta persyaratan lainnya.
3. Mengirimkan berkas lamaran ke PO BOX 193 Solo 57100 mulai tanggal 16 s/d. 27 Agustus 2012 (stempel pos).
a. Setiap pelamar harus mengajukan Surat Lamaran dalam Bahasa Indonesia yang ditulis dengan huruf latin dan tulisan tangan sendiri dengan tinta hitam (bukan ballpoint), ditandatangani oleh pelamar (tanpa meterai) dengan menyebutkan nama jabatan dan kualifikasi akademik yang dilamar, ditujukan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Rektor Universitas Sebelas Maret dengan melampirkan :
1) Hasil cetakan (printout) formulir pendaftaran online yang telah ditandatangani;
2) Fotokopi KTP yang masih berlaku;
3) Fotokopi Ijazah yang terakreditasi dan telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang (surat keterangan tidak berlaku);
4) Bagi pelamar yang memiliki ijazah lulusan perguruan tinggi luar negeri harus melampirkan surat keputusan penetapan dan penyetaraan hasil penilaian ijazah dari Ditjen Dikti Kemdikbud;
5) Surat Pernyataan tidak sedang terikat kontrak dengan instansi/perguruan tinggi lain, apabila ternyata pada waktu melamar dengan sengaja memberikan keterangan atau bukti yang tidak benar, maka yang bersangkutan diberhentikan tidak dengan hormat (surat pernyataan ditandatangani oleh ybs. diatas meterai Rp. 6.000);
6) Fotokopi sah Surat Keputusan tentang pengalaman kerja bagi yang mempunyai pengalaman kerja di bidang pendidikan (apabila ada).
7) Bagi pelamar yang berusia lebih dari 35 tahun dan belum berusia 40 tahun pada tanggal 1 Desember 2012 harus memiliki masa kerja minimal 5 (lima) tahun pada 17 April 2002 pada instansi pemerintah dan/atau lembaga swasta yang berbadan hukum yang menunjang kepentingan nasional dan sampai saat ini masih bekerja secara terus menerus, yang dibuktikan dengan fotokopi surat keputusan pengangkatan pertama dan surat keterangan bahwa sampai saat ini masih bertugas (minimal 15 tahun 8 bulan per 1 Desember 2012).
Bukti pengangkatan dalam bentuk surat keterangan, surat penugasan, dan surat pernyataan tidak dapat digunakan sebagai dasar pengangkatan CPNS;
b. Pengiriman berkas lamaran hanya dapat dilakukan melalui PO BOX (Pengiriman tanpa melalui Pos tidak akan dilayani)
c. Berkas lamaran dimasukkan dalam stop map warna merah.
d. Berkas lamaran disusun dengan urutan sebagai berikut:
1) Pasfoto berwarna ukuran 3x4 sebanyak 6 lembar.
2) Fotokopi KTP yang masih berlaku.
3) Printout asli bukti registrasi pendaftaran CPNS online yang telah ditandatangani oleh pelamar.
4) Surat lamaran yang ditulis dengan tinta hitam.
5) Fotokopi ijazah yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.
Untuk tingkat pendidikan S1 lulusan Universitas/Institut disahkan oleh Dekan/Pembantu Dekan I
Untuk tingkat pendidikan S1 lulusan Sekolah Tinggi disahkan oleh Ketua/Pembantu Ketua I
Untuk tingkat pendidikan Pascasarjana, disahkan oleh Direktur Program Pascasarjana
Bagi yang memiliki ijazah luar negeri harus telah diseterakan oleh Ditjen Dikti Kemdikbud
Surat keterangan lulus tidak dapat digunakan untuk melamar
6) Fotokopi ijazah keprofesian dan/atau spesialis yang disahkan (dilegalisir) oleh pejabat yang berwenang bagi pelamar yang memiliki kualifikasi pendidikan profesi dan/atau spesialis.
7) Bagi pelamar yang berusia lebih dari 35 tahun dan belum berusia 40 tahun pada tanggal 1 Desember 2012 harus memiliki masa kerja minimal 5 (lima) tahun pada 17 April 2002 pada instansi pemerintah dan/atau lembaga swasta yang berbadan hukum yang menunjang kepentingan nasional dan sampai saat ini masih bekerja secara terus menerus, yang dibuktikan dengan fotokopi surat keputusan pengangkatan pertama dan surat keterangan bahwa sampai saat ini masih bertugas (minimal 15 tahun 8 bulan per 1 Desember 2012).
8) Surat pernyataan tidak terikat kontrak dengan instansi/perguruan tinggi lain yang ditandatangani oleh pelamar diatas meterai Rp. 6.000
9) Fotokopi sah Surat Keputusan tentang pengalaman kerja bagi yang mempunyai pengalaman kerja di bidang pendidikan (apabila ada).
e. Stop map dimasukkan ke dalam amplop coklat tertutup, dengan mencantumkan nama pelamar, nama unit kerja yang dilamar, jabatan, nomor dan nama kualifikasi pendidikan yang dilamar, dan nomor pendaftaran pada sampul amplop depan kanan atas. Berkas ditujukan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan c.q. Rektor Universitas Sebelas Maret dengan mencantumkan alamat PO BOX paling lambat tanggal 27 Agustus 2012 stempel pos dan
sampai di PO BOX paling lambat 28 Agustus 2012
Berkas lamaran yang tidak memenuhi persyaratan sebagaimana uraian di atas, tidak lengkap, dan tidak urut sebagaimana pada huruf d dinyatakan gugur.
4. Mengunduh (download) dan Mencetak Kartu Peserta Ujian mulai tanggal 5 s/d. 7 September 2012
Bagi pelamar yang dinyatakan Lulus Seleksi Administrasi (diumumkan pada tanggal 1 September 2012 di www.uns.ac.id, http://kepeg.auk.uns.ac.id dan Papan Pengumuman UNS), dapat mencetak Kartu Peserta Ujian dengan langkah sebagai berikut :
a. Login dengan username dan password yang telah dimliki pada https://cpns.kemdikbud.go.id
b. Apabila Lulus Seleksi Administrasi, maka pada halaman login akan terlihat informasi kelulusan beserta tautan (link) untuk upload foto
c. Mengunggah (mengupload) foto dengan ukuran 400 x 500 pixel berbentuk potrait (tegak) dengan ukuran file maksimal 100 kb dengan format .jpg
d. Apabila proses upload foto berhasil, maka aka nada tautan (link) untuk mengunduh (download) kartu ujian dengan format .pdf untuk dicetak
D. PELAKSANAAN UJIAN SELEKSI :
1. UJIAN TAHAP I (Tes Kompetensi Dasar yang meliputi Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, dan Tes Karateristik Pribadi)
a. Jadwal
Hari / Tanggal : Sabtu / 8 September 2012 (atau waktu lain yang ditetapkan Kementerian PAN dan RB, dimohon untuk memantau di www.kemdikbud.go.id atau https://cpns.kemdikbud.go.id)
Waktu : Pukul 07.30 – selesai
Tempat : Gedung Auditorium Kantor Pusat Universitas Sebelas Maret
Kelengkapan : Kartu Peserta Ujian; Pensil 2B; Karet Penghapus; Alas untuk menulis; Rautan;
KTP (asli) yang masih berlaku yang digunakan saat registrasi pelamaran.
b. Materi Tes Kompetensi Dasar meliputi
1) Tes Wawasan Kebangsaan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan
mengimplementasikan nilai-nilai 4 pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi
a) Pancasila;
b) Undang-Undang Dasar 1945;
c) Bhinneka Tunggal Ika;
d) Negara Kesatuan Republik Indonesai (sistem tata negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar).
2) Tes Intelegensi Umum untuk menilai
a) Kemampuan Verbal;
b) Kemampuan Numerik;
c) Kemampuan Berfikir logis;
d) Kemampuan Berfikir Analistis.
3) Tes Karakteristik Pribadi untuk menilai
a) Integritas diri;
b) Semangat berprestasi;
c) Orientasi pada pelayanan;
d) Kemampuan beradaptasi;
e) Kemampuan pengendalian diri;
f) Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas;
g) Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan;
h) Kemampuan bekerjasama dalam kelompok;
i) Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain;
j) Orientasi kepada orang lain;
k) Kreativitas serta inovasi.
2. UJIAN TAHAP II (Tes Kompetensi Bidang yang diperuntukkan bagi pelamar yang dinyatakan lulus Ujian Tahap I)
a. Jadwal
Hari / Tanggal : Rabu – Kamis / 19 – 20 September 2012
(atau waktu lain yang ditetapkan Kementerian PAN dan RB, dimohon untuk memantau
di www.kemdikbud.go.id atau https://cpns.kemdikbud.go.id)
Waktu : Pukul 08.00 – selesai
Tempat : di Fakultas / Unit Kerja masing-masing
b. Materi Tes Kompetensi Bidang disesuaikan dengan karakteristik jabatan yang berupa
1). Tes tertulis Bahasa Inggris di UPT P2B;
2). Tes wawancara di Fakultas masing – masing;
3). Tes praktek (performance test) penguasaan materi (substansi ajar) di Fakultas masing – masing.
3. Sebelum ujian, dimohon melihat ruang/tempat duduk ujian masing-masing dan sudah hadir 15 menit sebelum ujian dimulai.
4. Pelamar yang datang terlambat tidak diperbolehkan memasuki ruang ujian dan atau mengikuti ujian.
5. Pengumuman Kelulusan Tahap I diumumkan pada tanggal 18 September 2012 dan Kelulusan Tahap II/ Final akan diumumkan pada tanggal 25 September 2012 di https://cpns.kemdikbud.go.id, www.uns.ac.id, http://kepeg.auk.uns.ac.id, dan Papan Pengumuman UNS.
0 comments:
Post a Comment