Kementerian Sosial RI membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia baik Pria maupun Wanita yang memiliki integritas dan komitmen tinggi untuk menjadi Pendamping dan Operator Program Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2016.
I. KETENTUAN UMUM
A. Posisi yang akan diisi melalui seleksi terbuka sebagai berikut :
B. PERSYARATAN UMUM
1. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/TNI/POLRI;
2. Siap dan bersedia bekerja purna waktu serta ditempatkan pada wilayah sesuai dengan kebutuhan PKH;
3. Tidak berkedudukan sebagai pengurus, anggota dan atau berafiliasi Partai Politik;
4. Tidak pernah dan atau sedang tersangkut kasus hukum baik pidana maupun perdata;
5. Usia Minimal 19 (sembilan belas) tahun maksimal 45 (empat puluh Iima) tahun pada bulan April 2016;
6. Bebas dari Narkoba dan Zat Adiktif lainnya;
7. Sehat jasmani dan rohani;
8. Lulusan Perguruan Tinggi atau Sekolah yang program studinya terakreditasi bagi pendidikan Sarjana, Diploma, dan SMK;
9. Tidak terikat kontrak kerja dengan pihak lain;
10. Mampu mengoperasikan komputer dan menggunakan Office automation;
11. Bersedia menandatangani Pakta Integritas apabila terpilih menjadi Pendamping dan Operator PKH Tahun 2016;
12. Mengikuti seluruh tahapan seleksi.
1. Untuk Posisi Pendamping PKH meliputi :
a. Pendidikan Diploma IV/Sarjana Pekerjaan Sosial/Kesejahteraan Sosial
1) Mengikuti pelatihan di bidang pekerjaan sosial dan penyelenggaraan kesejahteraan sosial;
2) Memiliki pengalaman praktek pekerjaan sosial/pelayanan kesejahteraan sosial.
b. Pendidikan Sarjana dan Diploma di bidang ilmu-ilmu sosial terapan diutamakan:
1) Mengikuti pelatihan di bidang pekerjaan sosial dan penyelenggaraan kesejahteraan sosial;
2) Memiliki pengalaman praktek pekerjaan sosial/pelayanan kesejahteraan sosial.
c. Pendidikan Sarjana atau Diploma di bidang sosial, diutamakan
1) Mengikuti pelatihan di bidang pekerjaan sosial dan penyelenggaraan kesejahteraan sosial;
2) Memiliki pengalaman praktek pekerjaan sosial/pelayanan kesejahteraan sosial.
d. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kesejahteraan Sosial / Pekerjaan Sosial / Keperawatan, diutamakan
1) Mengikuti pelatihan di bidang pekerjaan sosial dan penyelenggaraan kesejahteraan sosial;
2) Memiliki pengalaman praktek pekerjaan sosial/pelayanan kesejahteraan sosial.
2. Untuk posisi Operator PKH meliputi :
a. Pendidikan Diploma/Sarjana di bidang Komputer/Informatika
1) Mengikuti pelatihan di bidang komputer/pengolahan data dan internet;
2) Mengikuti praktek pekerjaan di bidang komputer/pengolahan data dan internet
b. Pendidikan Diploma/Sarjana di bidang Statistika, diutamakan :
1) Mengikuti pelatihan di bidang komputer/pengolahan data dan internet;
2) Mengikuti praktek pekerjaan di bidang komputer/pengolahan data dan internet.
c. Pendidikan Diploma/Sarjana di bidang Teknik, diutamakan
1) Mengikuti pelatihan di bidang komputer/pengolahan data dan internet;
2) Mengikuti praktek pekerjaan di bidang komputer/pengolahan data dan internet.
d. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bidang Komputer/Informatika
1) Mengikuti pelatihan di bidang komputer/informatika
2) Mengikuti praktek pekerjaan di bidang komputer/informatika
D. TAHAPAN SELEKSI
Seleksi dilaksanakan dengan Sistem Gugur, terdiri dari:
1. Tahap I Registrasi Registrasi hanya dapat dilakukan secara online melalui internet pada portal dengan alamat http://seleksisdmpkh2016.kemsos.go.id. Pelamar yang telah melakukan registrasi dan melengkapi data lamaran akan mendapatkan nomor registrasi dan formulir pendaftaran sebagai bukti kepesertaan selekst SDM PKH Tahun 2016.
2. Tahap II Seleksi Administrasi Pelamar yang akan diikutkan dalam proses seleksi administrasi hanya pelamar yang telah melengkapi data lamaran secara online dan mengunduh dokumen sesuai ketentuan.
Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan dipanggil mengikuti tahapan selanjutnya dan Wajib membawa seluruh kelengkapan berkas lamaran.
3. Tahap III Tes Kompetensi Bidang (TKB)
a. Tes Kompetensi Bidang bagi Pendamping mengggunakan metode psikotes, observasi, dan tes tertulis.
b. Tes Kompetensi Bidang bagi Operator mengggunakan metode psikotes, praktek komputer, observasi, dan tes tertulis yang akan dilaksanakan dilokasi sesuai kebutuhan PKH Tahun 2016 dengan waktu dan tempat pelaksanaannya akan diinformasikan kemudian.
c. Pendamping dan Operator wajib membawa laptop saat pelaksanaan seleksi.
1. Pengumuman dan Pendaftaran Online Pelamar melakukan registrasi secara online mulai tanggal 26 April 2016 (Pukul 06.00 WIB) sampai dengan 8 Mei 2016 (Pukul 24.00 WIB) melalui alamat http://seleksisdmpkh2016.kemsos.go.id
2. Pelamar melengkapi dan mengunggah data lamaran secara online paling lambat tanggal 8 Mei 2016 (Pukul 24.00 WIB) yang terdiri dari
a. Formulir Daftar Riwayat Hidup secara online;
b. Fotokopi KTP;
c. Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai/Daftar Nilai/NEM;
d. Fotokopi Sertifikat Pelatihan;
e. Fotokopi Surat Keterangan Pengalaman Praktek atau Kerja. (File yang diunggah secara keseluruhan tidak melebihi 1 MB).
3. Pengumuman hasil seleksi administrasi SDM Kessos PKH Tahun 2016 dapat diakses melalui website www.kemsos.go.id, Email dan SMS kepada masing-masing pelamar yang dinyatakan lulus;
4. Peserta yang dinyatakan Lulus Seleksi Administrasi akan dipanggil mengikuti Tahap III yaitu Tes Kompetensi Bidang (TKB) dan Wajib membawa seluruh kelengkapan berkas lamaran Membawa seluruh kelengkapan berkas lamaran (point B2) secara berurutan meliputi :
a. Bukti kelulusan seleksi administrasi;
b. Formulir daftar riwayat hidup secara online yang telah diisi dan ditandatangani;
c. Surat lamaran yang ditulis dengan tulisan tangan (sesuai contoh format teriampir), menggunakan tinta hitam dan ditujukan kepada Panitia Seleksi SDM Program Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2016;
d. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP);
e. Pas foto berwarna berlatar belakang warna biru ukuran 4 x 6 cm sejumlah 2 lembar;
f. Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai/Daftar Nilai/NEM yang telah dilegalisir (1 rangkap);
g. Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah;
h. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku;
i. Surat Keterangan dari dokter yang menyatakan jenis kecacatan (khusus bagi pelamar penyandang disabilitas, guna mempermudah aksesbilitas);
j. Fotokopi Sertifikat Pelatihan terkait;
k. Sertifikat/Surat keterangan pengalaman praktek dan atau keterlibatan dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial;
i. Surat pernyataan bukan sebagai CPNS/PNS/TNI/POLRI atau tidak terikat kontrak kerja dengan pihak lain;
m. Surat penyataan tidak berkedudukan sebagai pengurus, anggota atau memiliki afiliasi dengan Partai Politik;
n. Surat Pernyataan kesediaan penempatan lokasi tugas;
o. Surat pernyataan kesediaan bekerja secara purna waktu dan menerima honor sesuai ketentuan PKH.
p. Pakta integritas pendamping/operator Program Keluarga Harapan (PKH)
Catatan : Formulir poin 4a, 4b, 4c, 41, 4m, 4n, 4o, dan 4p dapat diunduh dari website http://seleksisdmpkh2016.kemsos.go.id
1. Bagi pelamar yang tidak memenuhi persyaratan agar tidak mengajukan lamaran;
2. Berkas lamaran yang telah masuk menjadi milik Panitia Seleksi SDM PKH Tahun 2016;
3. Panitia Seleksi SDM PKH Tahun 2016 hanya menerima pendaftaran secara online melalui http://seleksisdmpkh2016.kemsos.go.id dan pada tanggal tersebut diatas;
4. Panitia Seleksi SDM PKH Tahun 2016 hanya memproses berkas pelamar yang telah melengkapi data lamaran secara online; 5. Pelamar hanya dapat memperoleh bukti nomor pendaftaran setelah melengkapi data lamaran secara online yang selanjutnya dapat dicetak secara mandiri oleh peserta;
6. Seluruh proses seleksi SDM PKH Tahun 2016 tidak dipungut biaya apapun;
7. Panitia Seleksi SDM PKH Tahun 2016 tidak bertanggung jawab atas pungutan atau tawaran berupa apapun oleh oknum-oknum yang mengatas namakan Kementerian Sosial RI atau Panitia Seleksi SDM PKH Tahun 2016;
8. Lamaran yang telah diajukan sebelum pengumuman ini dinyatakan tidak berlaku dan wajib mengikuti kembali ketentuan diatas;
9. Dalam pelaksanaan seleksi kompetensi,
a. Bagi calon Pendamping PKH menggunakan metode psikotes, observasi, dan tes tertulis;
b. Bagi calon Operator PKH menggunakan metode psikotes, tes praktek komputer, observasi, dan tes tertulis.
10. Untuk transport dari Kabupaten/Kota ke Provinsi lokasi seleksi dan akomodasi ditanggung oleh panitia;
11. Apabila di kemudian hari diketahui pelamar memberikan data/keterangan tidak benar, maka Panitia Seleksi SDM PKH berhak membatalkan hasil seleksi;
12. Kelalaian akibat tidak mengikuti perkembangan informasi menjadi tanggung jawab pelamar;
13. Seluruh keputusan Panitia Seleksi SDM PKH Tahun 2016 adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
I. KETENTUAN UMUM
A. Posisi yang akan diisi melalui seleksi terbuka sebagai berikut :
1. Pendamping PKH
2. Operator PKH
B. PERSYARATAN UMUM
1. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/TNI/POLRI;
2. Siap dan bersedia bekerja purna waktu serta ditempatkan pada wilayah sesuai dengan kebutuhan PKH;
3. Tidak berkedudukan sebagai pengurus, anggota dan atau berafiliasi Partai Politik;
4. Tidak pernah dan atau sedang tersangkut kasus hukum baik pidana maupun perdata;
5. Usia Minimal 19 (sembilan belas) tahun maksimal 45 (empat puluh Iima) tahun pada bulan April 2016;
6. Bebas dari Narkoba dan Zat Adiktif lainnya;
7. Sehat jasmani dan rohani;
8. Lulusan Perguruan Tinggi atau Sekolah yang program studinya terakreditasi bagi pendidikan Sarjana, Diploma, dan SMK;
9. Tidak terikat kontrak kerja dengan pihak lain;
10. Mampu mengoperasikan komputer dan menggunakan Office automation;
11. Bersedia menandatangani Pakta Integritas apabila terpilih menjadi Pendamping dan Operator PKH Tahun 2016;
12. Mengikuti seluruh tahapan seleksi.
C. PERSYARATAN KHUSUS UNTUK MASING-MASING POSISI
1. Untuk Posisi Pendamping PKH meliputi :
a. Pendidikan Diploma IV/Sarjana Pekerjaan Sosial/Kesejahteraan Sosial
1) Mengikuti pelatihan di bidang pekerjaan sosial dan penyelenggaraan kesejahteraan sosial;
2) Memiliki pengalaman praktek pekerjaan sosial/pelayanan kesejahteraan sosial.
b. Pendidikan Sarjana dan Diploma di bidang ilmu-ilmu sosial terapan diutamakan:
1) Mengikuti pelatihan di bidang pekerjaan sosial dan penyelenggaraan kesejahteraan sosial;
2) Memiliki pengalaman praktek pekerjaan sosial/pelayanan kesejahteraan sosial.
c. Pendidikan Sarjana atau Diploma di bidang sosial, diutamakan
1) Mengikuti pelatihan di bidang pekerjaan sosial dan penyelenggaraan kesejahteraan sosial;
2) Memiliki pengalaman praktek pekerjaan sosial/pelayanan kesejahteraan sosial.
d. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kesejahteraan Sosial / Pekerjaan Sosial / Keperawatan, diutamakan
1) Mengikuti pelatihan di bidang pekerjaan sosial dan penyelenggaraan kesejahteraan sosial;
2) Memiliki pengalaman praktek pekerjaan sosial/pelayanan kesejahteraan sosial.
2. Untuk posisi Operator PKH meliputi :
a. Pendidikan Diploma/Sarjana di bidang Komputer/Informatika
1) Mengikuti pelatihan di bidang komputer/pengolahan data dan internet;
2) Mengikuti praktek pekerjaan di bidang komputer/pengolahan data dan internet
b. Pendidikan Diploma/Sarjana di bidang Statistika, diutamakan :
1) Mengikuti pelatihan di bidang komputer/pengolahan data dan internet;
2) Mengikuti praktek pekerjaan di bidang komputer/pengolahan data dan internet.
c. Pendidikan Diploma/Sarjana di bidang Teknik, diutamakan
1) Mengikuti pelatihan di bidang komputer/pengolahan data dan internet;
2) Mengikuti praktek pekerjaan di bidang komputer/pengolahan data dan internet.
d. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bidang Komputer/Informatika
1) Mengikuti pelatihan di bidang komputer/informatika
2) Mengikuti praktek pekerjaan di bidang komputer/informatika
D. TAHAPAN SELEKSI
Seleksi dilaksanakan dengan Sistem Gugur, terdiri dari:
1. Tahap I Registrasi Registrasi hanya dapat dilakukan secara online melalui internet pada portal dengan alamat http://seleksisdmpkh2016.kemsos.go.id. Pelamar yang telah melakukan registrasi dan melengkapi data lamaran akan mendapatkan nomor registrasi dan formulir pendaftaran sebagai bukti kepesertaan selekst SDM PKH Tahun 2016.
2. Tahap II Seleksi Administrasi Pelamar yang akan diikutkan dalam proses seleksi administrasi hanya pelamar yang telah melengkapi data lamaran secara online dan mengunduh dokumen sesuai ketentuan.
Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan dipanggil mengikuti tahapan selanjutnya dan Wajib membawa seluruh kelengkapan berkas lamaran.
3. Tahap III Tes Kompetensi Bidang (TKB)
a. Tes Kompetensi Bidang bagi Pendamping mengggunakan metode psikotes, observasi, dan tes tertulis.
b. Tes Kompetensi Bidang bagi Operator mengggunakan metode psikotes, praktek komputer, observasi, dan tes tertulis yang akan dilaksanakan dilokasi sesuai kebutuhan PKH Tahun 2016 dengan waktu dan tempat pelaksanaannya akan diinformasikan kemudian.
c. Pendamping dan Operator wajib membawa laptop saat pelaksanaan seleksi.
E. TATA CARA PELAMARAN DAN PENGUMUMAN HASIL SELEKSI
1. Pengumuman dan Pendaftaran Online Pelamar melakukan registrasi secara online mulai tanggal 26 April 2016 (Pukul 06.00 WIB) sampai dengan 8 Mei 2016 (Pukul 24.00 WIB) melalui alamat http://seleksisdmpkh2016.kemsos.go.id
2. Pelamar melengkapi dan mengunggah data lamaran secara online paling lambat tanggal 8 Mei 2016 (Pukul 24.00 WIB) yang terdiri dari
a. Formulir Daftar Riwayat Hidup secara online;
b. Fotokopi KTP;
c. Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai/Daftar Nilai/NEM;
d. Fotokopi Sertifikat Pelatihan;
e. Fotokopi Surat Keterangan Pengalaman Praktek atau Kerja. (File yang diunggah secara keseluruhan tidak melebihi 1 MB).
3. Pengumuman hasil seleksi administrasi SDM Kessos PKH Tahun 2016 dapat diakses melalui website www.kemsos.go.id, Email dan SMS kepada masing-masing pelamar yang dinyatakan lulus;
4. Peserta yang dinyatakan Lulus Seleksi Administrasi akan dipanggil mengikuti Tahap III yaitu Tes Kompetensi Bidang (TKB) dan Wajib membawa seluruh kelengkapan berkas lamaran Membawa seluruh kelengkapan berkas lamaran (point B2) secara berurutan meliputi :
a. Bukti kelulusan seleksi administrasi;
b. Formulir daftar riwayat hidup secara online yang telah diisi dan ditandatangani;
c. Surat lamaran yang ditulis dengan tulisan tangan (sesuai contoh format teriampir), menggunakan tinta hitam dan ditujukan kepada Panitia Seleksi SDM Program Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2016;
d. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP);
e. Pas foto berwarna berlatar belakang warna biru ukuran 4 x 6 cm sejumlah 2 lembar;
f. Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai/Daftar Nilai/NEM yang telah dilegalisir (1 rangkap);
g. Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah;
h. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku;
i. Surat Keterangan dari dokter yang menyatakan jenis kecacatan (khusus bagi pelamar penyandang disabilitas, guna mempermudah aksesbilitas);
j. Fotokopi Sertifikat Pelatihan terkait;
k. Sertifikat/Surat keterangan pengalaman praktek dan atau keterlibatan dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial;
i. Surat pernyataan bukan sebagai CPNS/PNS/TNI/POLRI atau tidak terikat kontrak kerja dengan pihak lain;
m. Surat penyataan tidak berkedudukan sebagai pengurus, anggota atau memiliki afiliasi dengan Partai Politik;
n. Surat Pernyataan kesediaan penempatan lokasi tugas;
o. Surat pernyataan kesediaan bekerja secara purna waktu dan menerima honor sesuai ketentuan PKH.
p. Pakta integritas pendamping/operator Program Keluarga Harapan (PKH)
Catatan : Formulir poin 4a, 4b, 4c, 41, 4m, 4n, 4o, dan 4p dapat diunduh dari website http://seleksisdmpkh2016.kemsos.go.id
KETENTUAN LAIN
1. Bagi pelamar yang tidak memenuhi persyaratan agar tidak mengajukan lamaran;
2. Berkas lamaran yang telah masuk menjadi milik Panitia Seleksi SDM PKH Tahun 2016;
3. Panitia Seleksi SDM PKH Tahun 2016 hanya menerima pendaftaran secara online melalui http://seleksisdmpkh2016.kemsos.go.id dan pada tanggal tersebut diatas;
4. Panitia Seleksi SDM PKH Tahun 2016 hanya memproses berkas pelamar yang telah melengkapi data lamaran secara online; 5. Pelamar hanya dapat memperoleh bukti nomor pendaftaran setelah melengkapi data lamaran secara online yang selanjutnya dapat dicetak secara mandiri oleh peserta;
6. Seluruh proses seleksi SDM PKH Tahun 2016 tidak dipungut biaya apapun;
7. Panitia Seleksi SDM PKH Tahun 2016 tidak bertanggung jawab atas pungutan atau tawaran berupa apapun oleh oknum-oknum yang mengatas namakan Kementerian Sosial RI atau Panitia Seleksi SDM PKH Tahun 2016;
8. Lamaran yang telah diajukan sebelum pengumuman ini dinyatakan tidak berlaku dan wajib mengikuti kembali ketentuan diatas;
9. Dalam pelaksanaan seleksi kompetensi,
a. Bagi calon Pendamping PKH menggunakan metode psikotes, observasi, dan tes tertulis;
b. Bagi calon Operator PKH menggunakan metode psikotes, tes praktek komputer, observasi, dan tes tertulis.
10. Untuk transport dari Kabupaten/Kota ke Provinsi lokasi seleksi dan akomodasi ditanggung oleh panitia;
11. Apabila di kemudian hari diketahui pelamar memberikan data/keterangan tidak benar, maka Panitia Seleksi SDM PKH berhak membatalkan hasil seleksi;
12. Kelalaian akibat tidak mengikuti perkembangan informasi menjadi tanggung jawab pelamar;
13. Seluruh keputusan Panitia Seleksi SDM PKH Tahun 2016 adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
Location:
Indonesia
0 comments:
Post a Comment