8 Daerah tak Terima PNS Baru |Informasi Lowongan Kerja di Aceh

October 29, 2010

8 Daerah tak Terima PNS Baru

BANDA ACEH - Penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2010 di lingkungan Pemerintah Aceh dan pemerintah kabupaten/kota se-Aceh melalui jalur umum diperkirakan berlangsung pada November 2010. Dari 23 kabupaten/kota di Aceh plus provinsi, delapan kabupaten/kota di antaranya tidak menerima PNS baru pada tahun ini.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Aceh, Drs Anwar Muhammad MSc, kepada Serambi, Kamis (28/10) menyebutkan, kedelapan kabupaten/kota yang tak menerima CPNS pada tahun ini adalah Kota Sabang, Banda Aceh, Lhokseumawe, Kabupaten Pidie, Aceh Barat Daya, Nagan Raya, Bireuen, dan Aceh Utara.

“Kedelapan daerah itu tidak menerima pegawai baru pada tahun ini, karena menurut penilaian pemerintah kabupaten/kota setempat, jumlah PNS-nya saat ini sudah maksimal. Selain itu, ada di antara delapan kabupaten/kota tersebut tahun ini lebih memprioritaskan untuk pengangkatan tenaga honorer menjadi PNS,” ujar Anwar Muhammad didampingi Kabid Pembinaan dan Pengembangan Pegawai, Jalaluddin SH dan Kasubbag Formasi, Abdul Qahar SKom MM.

Ditanya jumlah formasi CPNS yang diberikan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara untuk Aceh tahun ini, Anwar mengatakan, jumlah CPNS yang diberikan untuk Aceh tahun ini 2.963 orang untuk 15 kabupaten/kota plus provinsi. Jumlah itu, sebut Anwar, terdiri atas tenaga kependidikan (guru) 1.280 orang, tenaga kesehatan 775 orang, dan tenaga teknis lain 908 orang. (Jumlah formasi untuk masing-masing kabupaten/kota dan Pemerintah Aceh lihat tabel!)

Dikatakan, jumlah formasi itu merupakan jumlah tahap pertama yang diberikan Men-PAN untuk Aceh. Kemudian, menurut Anwar, jumlah itu dibahas kembali dalam rapat koordinasi yang melibatkan pejabat pengelola kepegawaian provinsi dan kabupaten/kota se-Aceh dengan pihak Kementerian PAN di Jakarta, Kamis 21 Oktober 2010. Rapat tersebut, katanya lagi, dilaksanakan karena pihak Kementerian PAN ingin melakukan rasionalisasi terhadap jumlah formasi CPNS untuk Aceh tahun ini yang telah diberikan Men-PAN sebelumnya.

“Jadi, jumlah formasi CPNS untuk Aceh tahun ini bisa berkurang lagi dari jumlah yang ada saat ini. Karena, sejak rapat koordinasi itu hingga sekarang, pihak Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara sedang melakukan rasionalisasi terhadap jumlah formasi CPNS untuk Aceh menurut jabatan dan kualifikasi pendidikan. Kita berharap formasi pasti CPNS untuk Aceh tahun ini bisa rampung pada minggu pertama November 2010,” harap Anwar.

Setelah proses rasionalisasi formasi yang dilakukan Men-PAN tersebut selesai dan sudah ada formasi pasti, lanjut Anwar, maka pihaknya akan segera menggelar rapat koordinasi dengan pihak kabupaten/kota se-Aceh untuk membahas teknis, mekanisme, serta jadwal pelaksanaan penerimaan CPNS Provinsi Aceh tahun ini. Ditambahkan, pihaknya berharap semua proses itu termasuk penerimaan CPNS bisa berlangsung pada November mendatang.

“Jika rasionalisasi formasi di Menpan selesai pada minggu pertama November, kita akan segera jadwalkan rakor tingkat provinsi dengan kabupaten/kota. Dalam rakor itu lah nanti kita sepakati semua hal yang menyangkut dengan proses penerimaan CPNS tahun ini. Jika tak ada halangan, kita harapkan semua proses itu bisa dilaksanakan bulan depan,” katanya.

Walaupun belum ada jadwal pasti penerimaan, Anwar meminta siapa saja yang ingin mendaftarkan diri sebagai peserta tes CPNS tahun ini agar mempersiapkan diri dan kelengkapan administrasi lain yang dibutuhkan, seperti ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisir serta pasfoto. “Mengenai syarat dan jadwal pendaftaran, rincian formasi, jadwal ujian, serta informasi lainnya yang terkait dengan penerimaan CPNS tahun ini, kami minta calon peserta untuk dapat bersabar menunggu pemberitahuan resmi dari BKPP Aceh,” harapnya.

Terkait dengan penerimaan CPNS tahun ini, Anwar meminta kepada peserta untuk tidak percaya dengan calo yang menjanjikan kelulusan. Sebab, tes akan dilaksanakan secara objektif.

Singkil dan Subulussalam
Sementara itu, Pemerintah Kota (Pemko) Subulussalam telah mengajukan usulan kebutuhan PNS sebanyak 277 orang yang akan direkrut melalui seleksi tahun 2010 ke Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Menpan-RB RI).

Tak hanya itu, Pemko Subulussalam juga mengusulkan kebutuhan CPNS bagi lulusan SMK guna mengisi kebutuhan tenaga teknis dan administrasi. Informasi tersebut peroleh Serambi dari Kepala Bagian kepegawaian Setdako Subulussalam, Ibnu Hajar, Selasa (26/10). Menurut Ibnu, kuota yang diusulkan oleh Pemko Subulussalam tersebut telah disetujui Menpan RB-RI. Namun, untuk rincian formasi masih menunggu persetujuan dari Men-PAN. Rincian formasi yang diusulkan oleh Pemko Subulussalam meliputi tenaga guru 112 orang, tenaga kesehatan 19 orang, tenaga dan teknis 146 orang.

Adapun Pemkab Aceh Singkil, pada tahun 2010 ini, mengajukan 239 formasi CPNS. Terdiri atas tenaga pendidik atau guru 112 orang, kesehatan 68 orang, dan tenaga teknis 59 orang. Demikian disebutkan Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Aceh Singkil, H Yusafran SPd, kepada Serambi, Kamis (28/10). Yusafran menyebutkan, calon CPNS yang akan diterima tahun ini, klasifikasi pendidikannya mulai dari diploma (D2) sampai dengan S1.(jal/kh/c39)

sumber berita

0 comments:

Post a Comment

Berlangganan Info Terbaru

Subscribe via Email for Free
Dapatkan Lowongan Kerja Terbaru langsung ke email anda!

Follow us

 

Arsip Blog

Copyright © Informasi Lowongan Kerja di Aceh | Privacy Policy | About Us | Powered by Blogger | A-R Skin Blogger Template