Berbagi Informasi Lowongan Kerja di Aceh secara khusus dan informasi lowongan kerja lainnya di Indonesia secara umum

November 27, 2011

Lowongan Kerja SurfAid International

SurfAid International adalah organisasi nirlaba yang bergerak di bidang kemanusiaan melalui program-program pemberdayaan masyarakat, khususnya di daerah-daerah terpencil. Salah satu program kami adalah Program Siaga Bencana (Emergency Preparedness) yang berlokasi di dua daerah di Kepulauan Mentawai, Pulau Tello dan Pulau Banyak. Saat ini kami sedang mencari satu orang E-prep Project Officer (EPO) untuk masing-masing lokasi untuk pengumpulan data awal untuk membantu progam Siaga Bencana yang sedang kami lakukan. Para EPO akan melakukan tugasnya dengan pengarahan dari Senior E-prep Project Officer dengan kontrak kerja yang akan berlaku selama enam bulan.

Rincian Tugas:

* Berinteraksi dengan baik di masyarakat, dan menjunjung tinggi nama baik Surfaid International beserta program-program yang sedang dijalankan.
* Menjalin hubungan dengan pemerintah setempat (Camat, Kepala Desa, Kepala Dusun, Tokoh Masyarakat/adat, Pihak Sekolah, Tokoh Pemuda, Pimpinan Agama, Pimpinan Ormas di tingkat Desa/Dusun dilokasi penempatan).
* Melaksanakan survey untuk mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat dan kemampuan masyarakat desa/dusun dalam penanggulangan bencana serta memberikan laporan reguler tentang kegiatan dilapangan.
* Melakukan pertemuan dengan masyarakat desa dengan tujuan untuk penggalian informasi tentang siaga bencana.
* Mengumpulkan data profil desa dari masing-masing desa sasaran untuk mengetahui hal-hal utama yang perlu diperhatikan dalam penanggulangan bencana.
* Memberikan masukan melalui laporan kepada Senior E-prep Project Officer tentang strategi yang tepat untuk melakukan pendampingan, pelatihan dan dukungan yang efektif bagi inisiatif-inisiatif masyarakat yang berubungan dengan perolehan informasi kebencanaan di lokasi penempatan (Desa/Dusun).
* Melaksanakan diseminasi informasi tentang bencana seluas-luasnya kepada masyarakat dampingan (masyarakat bersedia mengadakan pertemuan yang memungkinkan terjadinya transformasi sadar bencana di kalangan masyarakat Dusun).
* Merencanakan dan memfasilitasi pertemuan, pelatihan dan lokakarya di tingkat Kecamatan, desa dan dusun, serta memastikan bahwa pelatihan dan lokakarya di tingkat masyarakat dijalankan sesuai jadwal.
* Menyiapkan rencana kerja mingguan dan menyediakan laporan lapangan mingguan sejalan dengan sistem pelaporan SurfAid International.
* Mendukung, mengatur dan melaksanakan semua kegiatan lapangan sebagaimana yang telah ditetapkan.
* Memberikan training siaga bencana ditingkat sekolah dasar serta melakukan pendampingan untuk menyusun sekolah siaga bencana
* Tugas-tugas lain di lapangan seperti ditetapkan oleh line manager

Persyaratan:

· Pendidikan minimal S1 Ilmu sosial atau yang relevan, berpengalaman bekerja di NGO dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.
· Berpengalaman bekerja dalam memfasilitasi masyarakat, lebih diutamakan dibidang Pengurangan Resiko Bencana atau Siaga Bencana.
· Berpengalaman dalam melaksanakan training, sosialisasi dan berbagi informasi kebencanaan pada kelompok-kelompok masyarakat dan komunitas masyarakat pedesaan.
· Berpengalaman dalam melaksanakan pendampingan Sekolah Dasar dan Menengah dibidang kebencanaan.
· Terampil dan dapat berkomunikasi dengan baik, serta berkomitmen untuk bekerja dalam lingkungan multi kultur.
· Memiliki kemampuan untuk membangun hubungan dan berkoordinasi dengan pemerintah dan stakeholder.
· Menguasai komputar, minimal program word dan excel.
· Diutamakan yang dapat berbahasa Mentawai, serta mengetahui kultur Mentawai untuk ditempatkan di Mentawai.
· Diutamakan yang dapat berbahasa Nias, serta mengetahui kultur Nias untuk ditempatkan di Pulau Tello.
· Diutamakan yang dapat berbahasa Minang/Aceh, serta mengetahui kultur Aceh ditempatkan di Pulau Banyak.
· Pelamar perempuan sangat diharapkan.

Bagi yang berminat dapat mengirimkan surat lamaran dan daftar riwayat hidup ke alamat email: jobs@surfaidinternational.org.
Mohon tidak mengirimkan lampiran-lampiran yang tidak perlu. Penerimaan aplikasi kami tunggu selambat-lambatnya hingga tanggal 2 Desember 2011. Hanya pelamar yang memenuhi
syarat yang akan kami hubungi.
Share:

0 comments:

Post a Comment

loading...

Berlangganan Loker Terbaru

Subscribe via Email for Free
Dapatkan Lowongan Kerja Terbaru langsung ke email anda!

Popular Posts

Recent Posts

Blog Archive

-->

Copyright © Informasi Lowongan Kerja di Aceh | Powered by Blogger

Design by ThemePacific | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com