Berbagi Informasi Lowongan Kerja di Aceh secara khusus dan informasi lowongan kerja lainnya di Indonesia secara umum

September 11, 2013

Penerimaan CPNS Kementerian Pekerjaan Umum Tahun 2013

http://infokerjaaceh.blogspot.com/2013/09/Penerimaan-CPNS-Kementerian-Pekerjaan-Umum-Tahun-2013.html
Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia lulusan Sarjana, Diploma Empat, dan Diploma Tiga, baik pria maupun wanita, untuk mengikuti seleksi pengadaan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum yang akan ditempatkan di Unit-unit kerja yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dengan rincian sebagai berikut :

a. Total Jumlah Formasi dan Kualifikasi Pendidikan adalah:
1. S1/D4 : 175 Orang
2. D3 : 25 Orang
b. Periode pendaftaran dibuka sejak tanggal 11 s.d. 27 September 2013, menggunakan metode online.
c. Kualifikasi pendidikan, persyaratan umum, persyaratan khusus, dan keterangan lainnya dapat dilihat pada lampiran pengumuman ini.
d. Seluruh proses seleksi pengadaan CPNS TIDAK DIPUNGUT BIAYA.


I. KUALIFIKASI PENDIDIKAN DAN JUMLAH


NO.
KUALIFIKASI PENDIDIKAN
JUMLAH
JURUSAN
JENJANG
Sarjana (S1)/Diploma 4 (D4)
1
Teknik Sipil
S1
78
2
Teknik Arsitektur/ Lansekap
S1
11
3
Teknik Planologi/ Perencanaan Wilayah dan Kota
S1
7
4
Teknik Lingkungan
S1
16
5
Geologi
S1
10
6
Geodesi/Geomatika
S1
10
7
Geografi (Perencanaan Wilayah dan Kota)
S1
2
8
Teknik Informatika/Ilmu Komputer/Komunikasi
S1
5
9
Ekonomi Akuntansi/Manajemen/Studi Pembangunan
S1
30
10
Sosiologi
S1
1
11
Hukum
S1
5
Diploma Tiga (D3)
12
Teknik Informatika/Ilmu Komputer
D3
21
13
Kimia
D3
4
Jumlah
200


II. PERSYARATAN UMUM

1. Warga Negara Indonesia.
2. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan.
3. Tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan instansi pemerintah/swasta lain.
4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS/Anggota TNI/Polri, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
5. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/Calon Anggota TNI/Polri serta Anggota TNI/Polri.
6. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Republik Indonesia.
7. Mampu mengoperasikan komputer minimal Microsoft Office dan internet (browsing dan surat elektronik).
8. Sehat jasmani dan rohani.
9. Berijazah Sarjana (S1), Diploma Empat (D4), atau Diploma Tiga (D3) dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN)/Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan akreditasi bidang studi minimal B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan Perguruan Tinggi Luar Negeri yang telah mendapat Penyetaraan Ijazah luar Negeri dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
10. Pada saat mendaftar, pelamar telah memiliki ijazah Perguruan Tinggi.
11. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 bagi lulusan dari program studi dengan akreditasi A dan minimal 3,00 bagi lulusan dari program studi dengan akreditasi B.
12. Memiliki kompetensi dan kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan formasi jabatan yang dibutuhkan.
13. Pelamar dari jenjang pendidikan S1/D4, menguasai bahasa Inggris dengan baik yang dibuktikan dengan hasil tes kemampuan bahasa Inggris yang masih berlaku sampai bulan November 2013. Hasil tes yang diperbolehkan untuk dilampirkan adalah sebagai berikut:
  • TOEFL/TOEFL Prediction dari Lembaga Bahasa Perguruan Tinggi Negeri atau UPT Bahasa Perguruan Tinggi Negeri atau lembaga pendidikan Bahasa Inggris terakreditasi dengan nilai minimal 450.
  • TOEFL®IBT (Internet-Based TOEFL) yang diterbitkan oleh The Indonesian International Education Foundation (IIEF) dengan nilai minimal 53.
  • IELTS yang diterbitkan oleh Yayasan Pendidikan Australia (IDP) dengan nilai minimal 5.
14. Pelamar dari jenjang pendidikan D3 tidak melampirkan hasil tes kemampuan bahasa Inggris.
15. Bersedia membayar ganti rugi ke Kas Negara sebesar Rp. 75.000.000,- (tujuh puluh lima juta rupiah) apabila mengundurkan diri sebagai CPNS/PNS dalam kurun waktu 5 (lima) tahun sejak ditetapkan sebagai CPNS Kementerian PU.

III. PERSYARATAN KHUSUS BAGI PELAMAR UMUM

Usia Pelamar Umum pada tanggal 31 Desember 2013 adalah sebagai berikut:

  1. berusia maksimum 24 tahun (lahir tahun 1989 atau sesudahnya) untuk tingkat D3;
  2. berusia maksimum 28 tahun (lahir tahun 1985 atau sesudahnya) untuk tingkat S1/D4.

IV. PERSYARATAN KHUSUS BAGI PEGAWAI TIDAK TETAP

  1. Telah bekerja di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum sebagai tenaga kontrak/pegawai tidak tetap/honorer sampai dengan bulan Agustus 2013 yang dibuktikan dengan surat keputusan/perjanjian kerja dan Surat Pernyataan dari Sekretaris Unit Organisasi Eselon I/Direktur/Kepala Biro/Kepala Pusat/Kepala Balai Besar/Kepala Balai di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum (unduh di sini).
  2. Melampirkan fotokopi Surat Keputusan/Surat Perjanjian Kerja yang pertama dan Surat Keputusan/Surat Perjanjian Kerja tahun 2013 yang telah dilegalisasi oleh Sekretaris Unit Organiasi Eselon I/Direktur/Kepala Biro/Kepala Pusat/Kepala Balai Besar/Kepala Balai di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum.
  3. Berusia tidak lebih dari 35 tahun pada tanggal 1 Desember 2013 untuk (lahir pada tanggal 1 Desember 1978 atau sesudahnya).

V. JADWAL PENDAFTARAN DAN SELEKSI 

Berikut adalah jadwal Pengadaan CPNS Kementerian PU Tahun 2013: 



No.
TAHAPAN / JADWAL SELEKSI
TANGGAL
1.
Pendaftaran secara online
11-27 September 2013
2.
Pencetakan Tanda Peserta
3-10 Oktober 2013
3.
Tes Kompetensi Dasar (TKD)
7-11 Oktober 2013 (tentatif)
4.
Tes Kompetensi Bidang (TKB) dan Wawancara
Informasi akan diumumkan kemudian


VI. PENDAFTARAN

1. Proses pendaftaran Pelamar dapat dilihat melalui website Kementerian Pekerjaan Umum di http://www.pu.go.id.
2. Pada saat melakukan pendaftaran online, pelamar hanya diperkenankan memilih maksimal 4 (empat) nama jabatan. Pilihan tidak bersifat mutlak dan Panitia berhak menempatkan peserta yang lulus sesuai kebutuhan organisasi.
3. Periode pendaftaran online dibuka mulai tanggal 11-27 September 2013.
4. Pelamar harap membaca dan mengikuti ketentuan registrasi online dengan baik dan teliti serta menyiapkan terlebih dahulu persyaratan yang harus dipenuhi sebelum mulai mengisi formulir pendaftaran online.
5. Pelamar wajib memiliki alamat email yang valid untuk digunakan dalam proses registrasi.
6. Pelamar wajib mengisi formulir pendaftaran online dan mengunggah (upload) dokumen pendukung yang terdiri atas:
- ijazah asli terakhir (hasil scan, format jpg/jpeg, ukuran maks. 500 Kb);
- transkrip nilai asli (hasil scan, format jpg/jpeg, ukuran maks. 500 Kb); dan
- sertifikat tes kemampuan Bahasa Inggris sesuai butir II.13. (hasil scan, format jpg/jpeg, ukuran maks. 500 Kb);.
- pas foto berwarna (data digital maks. 70 Kb, format jpg/jpeg).
7. Pelamar yang telah melakukan pendaftaran dan secara sistem dinyatakan memenuhi syarat akan memperoleh Tanda Peserta Tes.
8. Tanda Peserta Tes harus dicetak secara online oleh peserta mulai tanggal 3 s.d. 10 Oktober 2013.
9. Pelamar yang tidak memenuhi persyaratan secara sistem tidak dapat mencetak Tanda Peserta Tes dan tidak berhak mengikuti TKD.
10. Apabila terdapat data ganda peserta, maka akan digunakan data yang terakhir.

Informasi selengkapnya dapat dilihat di website Kementerian Pekerjaan Umum (PU).
Share:

0 comments:

Post a Comment

loading...

Berlangganan Loker Terbaru

Subscribe via Email for Free
Dapatkan Lowongan Kerja Terbaru langsung ke email anda!

Popular Posts

Recent Posts

Blog Archive

-->

Copyright © Informasi Lowongan Kerja di Aceh | Powered by Blogger

Design by ThemePacific | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com